Kegiatan Praktik Keterampilan Dasar Kebidanan (PKDK)
Email : aufa.royhan@yahoo.com | Telpon : 061-8214878, 8210359

ILMU KEBIDANAN

Kegiatan Praktik Keterampilan Dasar Kebidanan (PKDK)

Admin | Jumat, 06 September 2019 - 06:51:35 WIB | dibaca: 238 pembaca


Dalam rangka menghasilkan tenaga Ahli Madya Kebidanan yang profesional, Prodi D-III Kebidanan STIKes Aufa Royhan Padangsidimpuan melaksanakan proses belajar mengajar yang dilaksanakan di kelas, di laboratorium dan lahan praktek seperti Rumah Sakit, Klinik Bersalin, Bidan Praktek Swasta, Puskesmas dan di (PKDK) yang dilaksanakan di Rumah Sakit. Praktik klinik kebidanan ini merupakan proses pembelajaran klinik untuk menerapkan teori mata kuliah khususnya Keterampilan Dasar Kebidanan (KDK) I dan KDK II. Pembelajaran praktik klinik ini dimaksudkan agar mahasiswa nendapatkan pengalaman Nyata atas materi yang dipelajari di kelas dan laboratorium dan diaplikasikan secara langsung mata kuliah yang telah diperoleh di Semester I dan II.

Tujuan pembelajaran PKDK ini ada 2 macam tujuan yaitu :

à Tujuan Umum yaitu Melaksanakan Praktek Keterampilan Dasar Kebidanan (PKDK), mahasiswa mampu memberikan asuhan Kebidanan pada klien yang mengalami masalah dalam pemenuhan kebutuhan dasar manusia secara menyeluruh (holistic) dan kemanusiaan (humanistic). 

à Tujuan Khusus yaitu Mahasiswa dapat melakukan pengkajian terhadap klien dengan masalah keterbatasan pemenuhan kebutuhan dasar manusia. Menetapkan Interprestasi data pada klien dengan masalah keterbatasan pemenuhan kebutuhan dasar manusia. Kemudian, mahasiswa/i bisa menetapkan diagnosa keperawatan pada klien dengan masalah keterbatasan pemenuhan kebutuhan dasar manusia. Seterusnya mahasiswa/i bisa melakukan penatalaksanaan pada klien dengan masalah keterbatasan pemenuhan kebutuhan dasar manusia berdasarkan rencana asuhan yang telah disusun. Melakukan evaluasi dan tindak lanjut terhadap pencapaian dari asuhan kebidanan yang diberikan.

 

*Catatan : Photo-Photo Kegiatan Ada di Berita Foto